Hari Ibu Bumi Sedunia

oleh | Apr 22, 2024 | Solidaritas dan Misi

Keluargaku Terkasih

Merayakan 22 April sebagai Hari Ibu Bumi Internasional berarti mengakui bahwa Bumi adalah rumah kita dan ekosistemnya memberikan kehidupan dan rezeki selama kita hidup.

Hari ini juga merupakan hari untuk memikirkan kembali dan menegaskan kembali tanggung jawab kita untuk mempromosikan keselarasan dengan alam untuk mencapai keseimbangan yang adil antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Gaylord Nelson, senator Amerika Serikat, adalah promotornya dengan demonstrasi yang berlangsung pada tanggal 22 April 1970, yang menetapkan hari ini untuk menciptakan kesadaran bersama akan masalah kelebihan populasi, produksi polusi, konservasi keanekaragaman hayati, dan masalah lingkungan lainnya untuk melindungi Bumi.

Pada tahun 2009, hal ini secara resmi diproklamirkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Oleh karena itu, Ibu Pertiwi adalah ekspresi hidup yang menunjukkan saling ketergantungan antara manusia, spesies hidup lainnya, dan planet yang kita tempati.

Dekade PBB untuk Pemulihan Ekosistem 2021-2030 (The United Nations Decade for Ecosystem Restoration 2021-2030) terus berupaya memandu upaya Negara-negara Anggota untuk mencegah, menghentikan, dan membalikkan degradasi habitat kita, dalam rangka mencapai tujuan utama Agenda 2030: mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini, serta meningkatkan kehidupan dan prospek masyarakat di seluruh dunia. Negara-negara juga telah berulang kali mengindikasikan bahwa penipisan sumber daya alam secara global dan degradasi lingkungan yang cepat adalah hasil dari pola produksi dan konsumsi yang tidak berkelanjutan karena konsekuensinya yang merugikan planet ini dan semua makhluk hidup yang menghuninya: hilangnya keanekaragaman hayati, penggurunan, perubahan iklim, dan gangguan pada berbagai siklus alam.

Pada kesempatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dipromosikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Paus Fransiskus (Audiensi Umum 5 Juni 2013) meluncurkan seruan yang kuat untuk meningkatkan kesadaran, untuk menyadari dan bertindak secara pribadi dan dalam komunitas kita untuk menyatukan upaya-upaya yang dapat membantu meringankan situasi kemerosotan saudari kita, Ibu Pertiwi… dan mengingat bahwa “komitmen untuk “Memelihara dan menjaga” Ciptaan, alam, bukanlah masalah sekunder dalam kehidupan dan misi Gereja, tetapi merupakan bagian integral dari tugasnya untuk berkolaborasi dengan Tuhan dalam membuat seluruh Ciptaan, manusia dan semua makhluk lainnya memiliki kehidupan yang berlimpah dan berjalan menuju kelimpahan …” dan menambahkan “kita sedang menjalani saat krisis; Kita dapat melihatnya di lingkungan, tetapi di atas semua itu kita melihatnya pada diri manusia. Manusia berada dalam bahaya:

Hal ini benar, manusia saat ini berada dalam bahaya; Inilah urgensi ekologi manusia! Dan bahayanya serius karena penyebab masalahnya tidak dangkal, tetapi dalam: ini bukan hanya masalah ekonomi, tetapi juga etika dan antropologi.” Ekologi manusia dan ekologi lingkungan harus berjalan bersama.

Pada tahun 2015, Paus Fransiskus dalam Ensiklik Laudato si’ menantang kita dengan seruan yang kuat: Tantangan mendesak untuk melindungi rumah kita bersama mencakup keprihatinan untuk menyatukan seluruh keluarga manusia dalam mencari pembangunan yang berkelanjutan dan komprehensif, karena kita tahu bahwa segala sesuatunya dapat berubah. Sang Pencipta tidak meninggalkan kita, Dia tidak pernah mundur dari proyek cinta-Nya, Dia tidak menyesal telah menciptakan kita. Umat manusia masih memiliki kemampuan untuk berkolaborasi untuk membangun rumah kita bersama. Pada saat yang sama, dia mengakui, mendorong, dan berterima kasih kepada semua orang yang, di berbagai sektor aktivitas manusia, bekerja untuk memastikan perlindungan rumah yang kita miliki bersama.

Sayangnya, banyak upaya untuk mencari solusi konkret untuk krisis lingkungan cenderung frustrasi tidak hanya oleh penolakan dari pihak yang berkuasa, tetapi juga oleh kurangnya minat orang lain. Sikap-sikap yang menghalangi jalan menuju solusi, bahkan di antara orang-orang beriman, berkisar dari penyangkalan terhadap masalah hingga ketidakpedulian, sikap pasrah yang nyaman, atau kepercayaan yang membabi buta terhadap solusi teknis. Pada akhir pendahuluan, Paus Fransiskus mencantumkan serangkaian poros yang melingkupi seluruh ensiklik dan yang secara khusus akan ia tekankan:

– Hubungan intim antara orang miskin dan kerapuhan planet ini, keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia ini saling terhubung, kritik terhadap paradigma baru dan bentuk-bentuk kekuasaan yang berasal dari teknologi, ajakan untuk mencari cara lain dalam memahami ekonomi dan kemajuan, budaya membuang dan usulan gaya hidup baru.

“Setiap tahun ratusan juta ton sampah dihasilkan. Bumi, rumah kita, mulai terlihat semakin mirip dengan tumpukan sampah yang sangat besar (Bdk. LS, no. 21).

“Pengucilan sosial, kekerasan, perdagangan narkoba, meningkatnya penggunaan narkoba oleh kaum muda, adalah tanda-tanda bahwa pertumbuhan selama dua abad terakhir tidak selalu mengarah pada kemajuan yang nyata” (Bdk. LS, no. 46).

“Lingkungan manusia dan lingkungan alam memburuk bersama-sama; kita tidak dapat memerangi degradasi lingkungan secara memadai kecuali jika kita memperhatikan penyebab-penyebab yang berkaitan dengan degradasi manusia dan sosial” (Bdk. LS, no. 48).

“Dapat diperkirakan bahwa, setelah sumber daya tertentu habis, tempat kejadian akan diatur untuk perang baru, meskipun dengan kedok klaim yang mulia” (Bdk. LS, 57).

Saudara-saudari, merayakan Hari Ibu Bumi meningkatkan kesadaran. Menyadari dan meningkatkan kesadaran adalah tugas semua orang, untuk bertanggung jawab, mendidik diri kita sendiri dan berkomitmen pada gaya hidup baru yang lebih berkelanjutan, manusiawi dan persaudaraan.

Semoga ruang doa ini, di mana kita terhubung sebagai sebuah keluarga, bersatu dalam semangat yang sama, membantu kita mempersiapkan hati kita untuk memperbaharui pandangan dan komitmen kita kepada Ibu Pertiwi, dalam kepedulian yang harus kita berikan dan terutama, untuk memperdalam pandangan kita dan mendengarkan mereka yang miskin, yang dikucilkan dan yang terpinggirkan.

Salah satu tantangan terbesar dari ekologi integral adalah untuk memahami hubungan yang ada antara krisis lingkungan dan krisis sosial. “Tidak ada dua krisis yang terpisah, satu krisis lingkungan dan yang lain krisis sosial, tetapi satu krisis sosial-lingkungan yang kompleks. Kita tidak dapat memisahkan penderitaan dari rumah kita bersama, jeritan bumi, penderitaan rakyat, terutama yang paling miskin. Untuk mendengar jeritan ciptaan, kita harus mendengar jeritan orang miskin, dan sebaliknya, jeritan orang miskin tidak dapat dipahami sepenuhnya jika kita tidak menghubungkannya dengan jeritan ciptaan. Di banyak negara, yang sudah sangat tereksploitasi dan miskin, seluruh masyarakat harus menanggung akibat dari perubahan iklim, peristiwa cuaca ekstrem dan bencana lingkungan. Dalam banyak kasus, gaya hidup Barat dan Utara di dunia adalah kaki tangan dalam eksploitasi: konsumerisme yang berlebihan menyebabkan pemiskinan di seluruh wilayah dunia. Bumi menjerit bersama dengan penduduknya.

“Segala sesuatu saling berhubungan, dan ini mengundang kita untuk mengembangkan spiritualitas solidaritas global yang mengalir dari misteri Tritunggal” (LS 240)

Kami mengundang Anda untuk mendengarkan dan membuka hati Anda terhadap misteri ini.

Hening

Saudara dan saudari: Kita membutuhkan pertobatan hati dan (pertobatan) di dalam praktik-praktik kita, karena tantangan lingkungan yang kita alami, dan akarnya yang berasal dari manusia, menarik perhatian dan berdampak pada kita semua. Marilah kita memohon pengampunan atas degradasi yang kita sebagai manusia yang terlibat di dalamnya.

Karena kita telah mencemari udara, air, tanah, awan, dan bahkan atmosfer yang mengelilingi dan melindungi kita. Karena penggurunan tanah yang telah kita eksploitasi, jarah dan jadikan steril bagi generasi yang akan datang. Tuhan, kasihanilah kami.

Untuk penderitaan jutaan orang yang mengalami pengucilan, kesengsaraan, kelaparan dan kekerasan dalam bentuk apapun karena sistem ekonomi predator yang memonopoli sumber daya alam yang menghancurkan tanah dan cara hidup mereka. Tuhan, kasihanilah mereka.

Karena kita tidak tahu bagaimana mengenali nilai yang tepat dari setiap makhluk, karena kita terus menganggap mereka sebagai objek yang dapat digunakan dan dikuasai dan kita belum belajar untuk merenungkan keindahan mereka dan mensyukuri kebaikan mereka dan menghormati integritas mereka. Tuhan, kasihanilah kami.

Karena kami telah menyimpang dari rancangan awal-Mu dan menganggap diri kami sebagai tuan dan penguasa, bukan sebagai administrator dan kolaborator dalam perwujudan Penciptaan yang lebih sempurna. Tuhan, kasihanilah kami.

Melihat begitu banyak bencana yang melanda planet kita dan setiap penghuni rumah kita bersama, Firman Tuhan menerangi kita untuk mengubah hidup kita:

Sabda Tuhan

Pembacaan dari Injil Lukas (TB Lk 10:25-37)

Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?” Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Kata Yesus kepadanya: “Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.”

Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: “Dan siapakah sesamaku manusia?” Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Demikianlah Sabda Tuhan

Refleksi

Kata-kata Paus Fransiskus membantu kita berefleksi.

Kita dan Orang Miskin (dari Ensiklik Fratelli Tutti, 67)

“Perumpamaan  ini  menjadi  gambaran  yang  mencerahkan,  yang mampu menyoroti pilihan dasar yang perlu kita buat untuk  membangun kembali dunia yang menyakiti kita ini. Dalam menghadapi begitu banyak penderitaan dan luka-luka, satu-satunya  jalan  keluar  adalah  menjadi  seperti  orang  Samaria  yang murah  hati.  Pilihan  lain  apa  pun  akan  menuntun  kita  entah  ke  sisi para perampok atau ke sisi mereka yang lewat tanpa memiliki bela rasa atas penderitaan orang yang terluka di pinggir jalan. Perumpamaan  ini  menunjukkan  kepada  kita  inisiatif  mana  yang mampu  membangun  kembali  sebuah  komunitas,  mulai  dari  laki-laki dan perempuan yang menjadikan kerapuhan orang lain sebagai kerapuhannya sendiri, yang menolak pembangunan masyarakat yang  ditandai  dengan  pengucilan,  tetapi  menjadi  sesama  manusia dari orang yang jatuh, dan mengangkat serta memulihkannya, sehingga  kebaikan  itu  menjadi  kebaikan  bersama.  Pada  saat  yang sama, perumpamaan ini memperingatkan kita terhadap sikap tertentu  dari  mereka  yang hanya  peduli  pada  dirinya  sendiri  dan tidak  mau  menanggung  tuntutan-tuntutan  yang  tak  terhindarkan dari realitas manusia.”

Tanah dan Orang Miskin (dari Ensiklik Laudato Si’ 48, 50, 51, 52)

Lingkungan manusia dan lingkungan alam memburuk bersama-sama; kita tidak dapat memerangi degradasi lingkungan secara memadai kecuali jika kita memperhatikan penyebab yang terkait dengan degradasi manusia dan sosial. Faktanya, kerusakan lingkungan dan masyarakat berdampak pada orang-orang yang paling rentan di planet ini… Dampak dari ketidakseimbangan saat ini juga terlihat pada kematian dini banyak orang miskin, konflik yang dipicu oleh kekurangan sumber daya, dan sejumlah masalah lain yang kurang terwakili dalam agenda global (LS 48).

“Alih-alih menyelesaikan masalah orang miskin dan memikirkan bagaimana dunia dapat menjadi berbeda, beberapa orang hanya dapat mengusulkan pengurangan angka kelahiran. Kadang-kadang, negara-negara berkembang menghadapi bentuk-bentuk tekanan internasional yang membuat bantuan ekonomi bergantung pada kebijakan “kesehatan reproduksi” tertentu. Namun, “meskipun benar bahwa distribusi penduduk yang tidak merata dan sumber daya yang tersedia menciptakan hambatan bagi pembangunan dan pemanfaatan lingkungan yang berkelanjutan, tetap harus diakui bahwa pertumbuhan demografi sepenuhnya kompatibel dengan pembangunan yang integral dan bersama”. Menyalahkan pertumbuhan populasi alih-alih konsumerisme yang ekstrem dan selektif dari sebagian orang, adalah salah satu cara untuk menolak menghadapi masalah. Ini adalah upaya untuk melegitimasi model distribusi saat ini, di mana minoritas percaya bahwa mereka memiliki hak untuk mengkonsumsi dengan cara yang tidak akan pernah bisa disamaratakan, karena planet ini bahkan tidak dapat menampung produk limbah dari konsumsi tersebut. Selain itu, kita tahu bahwa sekitar sepertiga dari semua makanan yang diproduksi dibuang, dan “setiap kali makanan dibuang, seolah-olah makanan itu dicuri dari meja orang miskin” (LS 50).

“Ketidakadilan tidak hanya mempengaruhi individu tetapi juga seluruh negara; hal ini memaksa kita untuk mempertimbangkan etika hubungan internasional. “Hutang ekologi” yang sebenarnya ada, terutama antara dunia utara dan selatan, yang terkait dengan ketidakseimbangan komersial yang berdampak pada lingkungan, dan penggunaan sumber daya alam yang tidak proporsional oleh negara-negara tertentu dalam jangka waktu yang lama. Ekspor bahan mentah untuk memenuhi pasar di kawasan industri utara telah menyebabkan kerusakan di tingkat lokal, seperti misalnya polusi merkuri di pertambangan emas atau polusi sulfur dioksida di pertambangan tembaga. Ada kebutuhan mendesak untuk menghitung penggunaan ruang lingkungan di seluruh dunia untuk menyimpan residu gas yang telah terakumulasi selama dua abad… Pemanasan yang disebabkan oleh konsumsi besar-besaran di beberapa negara kaya telah berdampak pada daerah termiskin di dunia, terutama Afrika, di mana kenaikan suhu, bersama dengan kekeringan, telah terbukti menghancurkan pertanian. Ada juga kerusakan yang disebabkan oleh ekspor limbah padat dan cairan beracun ke negara-negara berkembang, dan oleh polusi yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di negara-negara yang kurang berkembang dengan cara yang tidak dapat mereka lakukan di rumah, di negara-negara tempat mereka menanamkan modalnya: “Kami mencatat bahwa sering kali perusahaan yang beroperasi dengan cara ini adalah perusahaan multinasional. Mereka melakukan apa yang tidak akan pernah mereka lakukan di negara maju atau yang disebut dunia pertama. Umumnya, setelah menghentikan kegiatan mereka dan menarik diri, mereka meninggalkan tanggung jawab besar terhadap manusia dan lingkungan seperti pengangguran, kota-kota yang ditinggalkan, menipisnya cadangan alam, penggundulan hutan, pemiskinan pertanian dan peternakan lokal, lubang-lubang tambang, bukit-bukit yang terkikis, sungai-sungai yang tercemar dan sejumlah pekerjaan sosial yang tidak lagi berkelanjutan” (LS 51).

“Utang luar negeri negara-negara miskin telah menjadi cara untuk mengendalikan mereka, namun tidak demikian halnya dengan utang ekologi. Dengan cara yang berbeda, negara-negara berkembang, di mana cadangan biosfer yang paling penting ditemukan, terus mendorong pembangunan negara-negara kaya dengan mengorbankan masa kini dan masa depan mereka. Tanah kaum miskin di bagian selatan kaya dan sebagian besar tidak tercemar, namun akses terhadap kepemilikan barang dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan vital dihambat oleh sistem hubungan komersial dan kepemilikan yang secara struktural menyimpang” (LS 52).

Ditinggalkan di pinggir jalan (Ensiklik Fratelli Tutti, 63-66)

“Yesus bercerita tentang seorang pria yang diserang oleh penyamun dan terbaring terluka di pinggir jalan. Beberapa orang melewatinya, tetapi tidak berhenti. Mereka adalah orang-orang yang memiliki posisi sosial yang penting, namun tidak memiliki kepedulian yang nyata terhadap kebaikan bersama. Mereka tidak akan membuang waktu beberapa menit untuk merawat orang yang terluka itu, atau bahkan meminta bantuan. Hanya satu orang yang berhenti, menghampiri pria itu dan merawatnya secara pribadi, bahkan mengeluarkan uangnya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Dia juga memberinya sesuatu yang di dunia yang hingar-bingar ini, kita sangat bergantung padanya: dia memberikan waktunya. Tentu saja, dia memiliki rencana sendiri untuk hari itu, kebutuhan, komitmen dan keinginannya sendiri. Namun, dia mampu mengesampingkan semua itu ketika berhadapan dengan seseorang yang membutuhkan. Tanpa mengenal orang yang terluka itu, ia melihat bahwa orang itu layak mendapatkan waktu dan perhatiannya” (FT 63).

“Siapakah di antara orang-orang ini yang Anda kenali? Pertanyaan ini, meskipun lugas, bersifat langsung dan tajam. Siapakah di antara tokoh-tokoh ini yang mirip dengan Anda? Kita perlu mengakui bahwa kita selalu tergoda untuk mengabaikan orang lain, terutama mereka yang lemah. Mari kita akui bahwa, untuk semua kemajuan yang telah kita capai, kita masih “buta huruf” dalam hal menemani, merawat, dan mendukung anggota masyarakat yang paling lemah dan rentan di negara maju. Kita telah terbiasa melihat ke arah lain, berlalu begitu saja, mengabaikan situasi sampai situasi tersebut mempengaruhi kita secara langsung” (FT 64).

“Seseorang diserang di jalanan kami, dan banyak yang bergegas pergi seolah-olah mereka tidak menyadarinya. Orang-orang menabrak seseorang dengan mobil mereka dan kemudian melarikan diri dari tempat kejadian. Satu-satunya keinginan mereka adalah untuk menghindari masalah; tidak peduli bahwa, karena kesalahan mereka, orang lain bisa mati. Semua ini adalah tanda-tanda pendekatan terhadap kehidupan yang menyebar dengan berbagai cara yang halus. Terlebih lagi, saat kita sibuk dengan kebutuhan kita sendiri, pemandangan seseorang yang menderita mengganggu kita. Hal ini membuat kita tidak nyaman, karena kita tidak punya waktu untuk memikirkan masalah orang lain. Ini adalah gejala masyarakat yang tidak sehat. Sebuah masyarakat yang mencari kemakmuran tetapi berpaling dari penderitaan” (FT 65).

“Semoga kita tidak tenggelam sampai sedalam itu! Marilah kita melihat teladan orang Samaria yang baik hati. Perumpamaan Yesus memanggil kita untuk menemukan kembali panggilan kita sebagai warga negara dari negara kita masing-masing dan seluruh dunia, pembangun ikatan sosial yang baru. Panggilan ini selalu baru, namun didasarkan pada hukum dasar keberadaan kita: kita dipanggil untuk mengarahkan masyarakat untuk mengejar kebaikan bersama dan, dengan tujuan ini, untuk bertekun dalam mengkonsolidasikan tatanan politik dan sosialnya, jalinan hubungannya, tujuan-tujuan kemanusiaannya. Dengan tindakannya, Orang Samaria yang Baik Hati menunjukkan bahwa “keberadaan setiap individu sangat terkait dengan keberadaan orang lain: hidup bukan sekadar waktu yang berlalu; hidup adalah waktu untuk berinteraksi” (FT 66).

Sharing

Untuk direnungkan atau disharingkan dalam komunitas

Ada hubungan yang erat antara orang miskin dan kerapuhan planet ini (LS 16).

Hubungan apa yang kita temukan antara kerusakan sosial dan lingkungan? Dapatkah kita memahami hubungan yang ada di antara keduanya?

Bagaimana saya menghayati hubungan pribadi dan komunitas saya dengan penderitaan orang lain dan dengan Ibu Pertiwi?

Bagaimana kita dapat menyertakan dalam doa pribadi dan komunitas kita jeritan orang miskin dan jeritan bumi?

Kami dengan bebas mengundang Anda untuk berbagi resonansi Injil dan teks-teks pilihan untuk refleksi kita.

Doa

Akhirnya, marilah kita berdoa bersama:

Kami berseru kepada-Mu:

Datanglah, Nafas Suci Tuhan, yang dicurahkan pada Tuhan yang baik hati, bumi dan kami, kami berseru kepada-Mu. Bersama dengan bumi, kami meminta Engkau membebaskan kami dari keserakahan, keegoisan dan ketidakpedulian. Bersama dengan udara, air, tanah dan angin, kami meminta-Mu untuk membantu kami menyingkirkan semua kontaminasi.

Bersama dengan hutan, burung-burung dan binatang, berikan kami kekuatan untuk tidak menghancurkan diri kami sendiri dan jaringan halus yang menghubungkan ekosistem kami dan semua kehidupan.

Bersama dengan masyarakat yang terpinggirkan, mereka yang tidak didengar, yang tidak berdaya, mereka yang berjuang dan mereka yang menderita, kami memohon kepada-Mu kekuatan untuk menjadi adil, berbelas kasih dan berbelas kasih.

Bersama dengan mereka yang berkuasa dan dalam posisi otoritas, kami memohon kebijaksanaan untuk menjadi administrator yang baik bagi rumah kita bersama.

Dan akhirnya, bersama dengan semua ciptaan dan semua orang, kami berterima kasih atas semua upaya Anda untuk memulihkan SAUDARIIBU BUMI kami. AMIN

Uskup Allwyn D’Silva, Uskup Auksilier dari Bombay. Bombay, India.

Para saudara dan saudari, Claret adalah seorang anak pada masanya, dia hidup dekat dengan realitas bangsanya, dia mengamati, dia meneliti dan menemukan “tanda-tanda zaman”; mengusulkan solusi dan memberikan aset, waktu dan energi serta kedamaiannya untuk melaksanakannya. Semoga semangat yang menjiwai Bapa Pendiri kita juga mendorong kita untuk menanggapi tanda-tanda dan tantangan zaman ini.

Merawat Ibu Pertiwi dengan memperlakukan mereka yang paling miskin merupakan cakrawala etis dari Ekologi Komprehensif. Pendidikan Ekologi dipenuhi dalam Spiritualitas Ekologi, ketika berpindah dari informasi lingkungan untuk mengambil lompatan persekutuan dengan Misteri (Bdk. LS 210)

Versi Bahasa Inggris ada dalam tautan berikut ini.